Tuesday, October 29, 2019

resolusi akhir tahun

hidup sampai umur 35 tahun, rasa-rasanya aku tidak pernah benar-benar membuat resolusi awal tahun. 🙈 ya kayaknya dulu pernah sih, pas sekolah satu dua kali bikin daftar. tapi cuma karena semua orang di dunia ini bikin, & aku nggak mau jadi beda sendiri. tapi nggak pernah bener-bener ngerti gitu lo, apa sih resolusi & apa gunanya.

ini sudah di akhir bulan ke sepuluh di tahun ini, dan hari ini aku memutuskan untuk membuat daftar. tidak seperti resolusi awal tahun yang kubuat ketika masih sekolah, resolusi kali ini lebih berfungsi sebagai pengingat daripada menjadi target, dan berlaku untuk seumur hidup, setidaknya sampai akhirnya nanti aku menemukan bahwa resolusi ini sudah tidak relevan lagi. karena dalam perjalanan ini, kita pasti akan selalu menemui kesadaran-kesadaran baru.


sebisa mungkin, sebanyak mungkin, aku akan berusaha untuk:

1.
menomor satukan aku.

2.
berhenti bercita-cita menjadi manusia yang sempurna.

3.
berhenti berusaha membuat kamu jatuh cinta sama aku.

4.
memilih.
dengan sadar.

5.
menerima seluruhnya.
konsekuensi atas pilihan-pilihanku.

6.
kalau aku bilang tidak, berarti tidak.

7.
kalau aku bilang iya, berarti iya.

8.
mendengarkan kata hatiku.

9.
mendengarkan badanku.

10.
mempercayai hasil pemikiranku sendiri.

11.
berhenti menjelaskan tentang diriku.

12.
mendapatkan yang aku inginkan.

13.
menerima.
dengan sebaik-baiknya segala rasa yang memang harus aku rasakan.

14.
bebas merasakan yang aku rasakan,
karena untuk merasakan hal tertentu,
aku tidak membutuhkan validasi dari orang lain.

15.
bilang.
apa yang aku mau,
apa yang aku rasakan,
apa yang aku pikirkan.
yang sebenar-benarnya.
atau diam.

16.
melakukan segala sesuatu dalam waktuku sendiri.

17.
berhenti membandingkan diriku sendiri dengan orang lain.

18.
berhenti berusaha untuk menjadi sama dengan orang lain.

19.
bertanya pada diri sendiri: "saat ini kamu sedang merasakan apa?"

20.
bertanya pada diri sendiri: "kamu butuh apa?"

21.
bertanya pada diri sendiri:"kamu inginnya bagaimana?"

22.
berhenti sebentar
(atau lama),
lalu merespon
(atau tidak merespon).

23.
bikin salah.
daripada nggak bikin apa-apa.

24.
bilang sama diri sendiri: "nggak apa-apa, kok."

25.
membiarkan kamu hidup dengan pilihan-pilihanmu.

27.
lebih sabar, sabar, sabar, sayang, dengan diri sendiri.

28.
berterima kasih.




daftar ini akan terus bertambah dan berubah. semoga panjang umur.



No comments:

Post a Comment