Monday, August 22, 2022

0. the fool

ada yang pernah bilang kepadaku bahwa kebebasan itu ilusi. dia bilang, kebebasan itu sebetulnya tidak pernah ada. aku bisa mengerti kenapa dia bilang begitu. bahkan mungkin untuk waktu yang lama, aku mempercayainya - aku tidak bisa membuktikan sebaliknya.

tapi pagi ini ada bintang jatuh tepat di atas kepalaku.

aku tidak tau kejatuhan bintang di kepala itu bisa membuat pikiranku jadi jernih sehingga aku bisa melihat dengan lebih jelas, atau justru membuat aku jadi gila. tapi tiba-tiba saja aku meyakini bahwa kebebasan itu ada. bukan ilusi. meskipun aku belum pernah bertemu dengannya.

teoriku adalah, kebebasan itu ada, tapi keberadaannya hanya bisa ditemukan oleh orang-orang yang sudah mati berkali-kali (sampai pada akhirnya dia bertemu dengan dirinya yang sejati).

bebas itu adalah keyakinan bahwa tuhan menciptakan aku tidak sempurna - tapi cukup. bebas itu meyakini aku cukup, meskipun dunia tidak setuju.

..

2.34

pagi ini aku berdoa kepada tuhan untuk kebebasanku. aku yakin suatu hari nanti kami akan bertemu.

2 comments:

  1. Mbaaa, aku pernah ngerasa kayak udah matiii.. Apakah itu aneh atau baik2 saja? Karena saat itu aku merasa bebas sekali sampek kayak terbang gak napak bumi 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. a.. a aku nggak ngerti. jangan-jangan kamu lagi astral projection

      Delete