Tuesday, February 14, 2012

rahwana & dewi shinta

suka cerita wayang nggak?

saya suka sekali

sebenarnya saya suka cerita macammacam. tapi wayang itu salah satu yang saya paling suka. saya suka wayang karena tokohtokoh dalam wayang itu, meskipun dewa atau raksasa, tapi sangat manusiawi. tidak ada yang 100% baik, tidak ada yang 100% jahat. semua pernah berlaku bijak, seperti semua pernah berbuat salah.

nah.nah.nah.
dari beberapa tokoh wayang yang pernah saya baca ceritanya (dalam berbagai versi) (saya belum baca semua), saya paling suka rahwana. iya yang itu. yang raksasa & kepalanya sepuluh & terkenal karena menculik dewi shinta.

sejak dulu, yang ada dalam pikiran saya, rahwana itu bukan penjahat. dia hanya di-image-kan sebagai penjahat.  sampai dia sendiri juga merasa dirinya jahat.

siapa yang tau kan, mungkin saja sebenarnya shinta itu bukan diculik, tapi memang ikut saja sama rahwana. karena kalau saya jadi dewi shinta, saya sih memang lebih tertarik sama rahwana daripada rama, yang bukannya baikbaik menjaga istrinya, tapi giliran istrinya ilang trus ketemu, dia bahkan tidak percaya istrinya itu masih suci.

dan kalaupun rahwana itu jahat, kenapa dia nggak dekati saja dewi shinta yg sudah diculik dibawa masuk ke kerajaannya itu? toh dia kan raksasa yang kuat & pintar segalanya.

nah. nah. nah.
secara kebetulan, lakilaki yang jadi suami saya itu juga suka cerita wayang. dan entah kebetulan juga, sejak kecil dia merasa kalau dia itu rahwana, hanya karena dia punya 2 adik  lakilaki bernama wicaksono & wibisono :))

ah. saya jadi merasa saya ini dewi shinta dong.
seneng.
dia kan cantik.

siapa bilang dewi shinta nggak happy ketemu rahwana kan? saya rasa dia senang. cuma orangorang saja mengira dia sedih & menderita.

dan yang paling bikin dewi shinta saya happy, waktu bacabaca cerita wayang si mbah sudjiwo tedjo di blognya yang kirakira ceritanya sbb:
rahwana bertapa selama 50ribu tahun di gunung karena malu karena bermuka sepuluh, & lalu memenggal kepalanya satusatu. ketika rahwana mau memotong kepalanya yg tinggal 1 itu, dewa datang & mencegahnya bunuhdiri. dewa berjanji akan menukarnya dengan kesaktian tiada tara, & wanita tercantik di dunia, dewi widowati yang akan membawanya ke jalan kebaikan.

nah, kelak, dewi widowati yang dijanjikan ini menitis ke dewi shinta.

Orang yang gak kenal Sastrajendra dan munafik, menyebutkan bahwa Rahwana menculik Sinta (titisan Dewi Widowati) -sudjiwotedjo

ps: kekeke. ada macammacam kok versi cerita wayang.
ada juga yang cerita kalau sebenarnya, dewi shinta itu anaknya rahwana :D *senyum lebar*

1 comment:

  1. mohon tanya ya…
    Setahu saya kisah ramayana ini adalah kisah dr Hindia yang berkaitan langsung dgn ajaran agama mereka, yaitu agama hindu, bahkan cerita ini termasuk salah satu kisah yang tercantum dalam kitab nitisastra (bagian kitabsuci hindu weda).
    Lalu kenapa di jawa ada bagitu banyak versi ceritanya bahkan ada nama tokoh dalam versi jawa? drmn asal semua keanehan itu? (e.: Dewi Laksmi = dewi widowati)

    ReplyDelete