Friday, April 8, 2011

kimimaki

eh kok saya jadi kepingin cerita tentang binatang peliharaan ya..
ng.. ya udah saya cerita aja

binatang peliharaan saya pertama kali itu ikan beta. saya masih tk kayaknya. mati garagara kan dia saya taruh di ember, trus embernya diadukaduk sama kucing. benernya dia nggak mati. tapi karena saya lihat sisiknya ada yang lepas, bagian badan ikan yg sisiknya lepas itu saya kasih obat merah. trus saya dimarahi mak saya. dibilang : "kuwi kok iwake dicekelcekel mengko mati lo" akhirnya dia saya masukin lagi ke ember. tapi obat merahnya luntur, trus dia saya kasih lagi obat merah sampai airnya jadi orens. trus saya tinggal main. pas pulang, ikannya udah ngambang. saya nangis & marah. waktu itu saya menganggap yang membunuh ikan saya itu kucing (yang mencakar) bukan saya (yang memaksa dia minum & berenang di larutan obat merah)

binatang kedua kucing. namanya mimi. saya pernah cerita sih kayaknya disini.

binatang ketiga kelinci. saya pelihara pas kuliah. namanya lulu. dia bisa melesat seperti olga si sepatu roda, tapi dulu pas mau namain saya salah ingat saya kira namanya lulu si sepatu roda, jadi dia saya kasih nama lulu. dia mati (atau hilang? nggak jelas nasipnya) malam hari setelah siangnya baru dibeli garagara saya lepas di halaman depan. malam itu saya nangis seharian sampai siang.

binatang setelahnya yang saya pelihara ikan koi gitu tapi semua mati. saya nangisnangis juga.

binatang selanjutnya saya pelihara di jogja setelah pulang dr 1,5 taun tinggal di bdg. saya beli sepasang kelinci namanya midorokdok (kelinci lakilaki) dan belinda (kelinci perempuan). midorokdok mati karena kakinya ditarik tikus sampai patah.

setelah midorokdok mati, mak saya yang lihat saya sedih, ternyata pergi ke pasar hewan untuk menukar tupai kesayangannya (namanya sandy) dengan anak kelinci. tapi karena mak saya bodoh & bicaranya nggak lancar, dia dibohongi penjualnya. (seperti biasanya dia memang sering ditipu orang) tupai ditukar sama kelinci penyakitan yang hampir mati. namanya mingkli. benar juga besok paginya dia mati.

belinda mati sehari sebelum saya berangkat untuk tinggal di jkt, setelah sakit seminggu lebih. sakitnya garagara dia saya kasih makan ikan goreng & sayuran segar dari kulkas.

sekilas info:
kalau mau pelihara apapun harus beli buku atau cari pengetahuan tentang cara memeliharanya dulu. misal mau pelihara kelinci beli buku ttg kelinci. kelinci domestik perawatan dan pengobatan; faiz manshur & mu'tasim fakkih misalnya. (itu bukunya bagus banget walaupun penulisnya suka marahmarah. tapi bisa dimengerti dia marah karena dia sayang kelinci & banyak banget orang pelihara kelinci tapi asal kayak saya yang kasih kelinci makan ikan goreng)

habis belinda mati itu saya sedih banget sampai saya nggak boleh pelihara kelinci lagi sama papah & adik saya lala.

tapi trus saya menikah & subabombom itu orangnya suka pelihara hewanhewan juga (tapi kalau binatangnya dia nggak matimati sampai beranak pinak walaupun dia nggak baca buku mungkin karena dia pintar. misal: burung, ikan, kurakura, marmut, apalagi ya)

saya mau cerita apa ya tadi?

oiya. akirnya saya pelihara kelinci lagi sama si subabombom. kami beli kelinci di pasar hewan barito. saya pilih satu kelinci (ternyata lakilaki) diberi nama kimimaki.

subabomber pilih satu kelinci manis (ternyata perempuan) diberi nama kimimimi.

kami senang banget karena mereka itu luculucu. kimimimi suka berpetualang, kimimaki suka makan seperti subabombom.

dan ternyata subabombom itu baik banget orangnya & baiknya nggak cuma sama saya tapi juga sama kelinci soalnya dia itu mau bangun tengah malam untuk mencari tanaman obat kalau ada kelinci sakit. apalagi kelincikelinci ini masih kecil jadi gampang mati. kalau menurut buku, lebih baik beli kelinci di peternakan. kelinci yang dijualjual selain di peternakan itu kebanyakan masih umur 1 bulan (penjualnya bohong bilangnya 2 bulan). padahal sampai umur 2 bulan kelinci masih harus menyusu induknya. kan kasihan.. tapi karena (kami menganggap) di jakarta nggak ada peternakan kelinci, kami beli kelinci di barito pasar hewan.

kimimimi mati setelah sebulan setengah tinggal dirumah. dia sakit & mati mendadak. kami sedih banget. pagipagi jam 3 dia dikubur. subakoba diam saja kayaknya dia kawatir saya sedih seperti waktu belinda mati soalnya kimimimi ini kelinci kesayangan. dia mau dipangku.

ternyata yang paling sedih kimimaki. dia lesu banget apalagi kalau lihat dia tidur kasihan deh. karena kasihan, 2 minggu kemudian kami memutuskan mencari teman kelinci untuk kimimaki. kelinci cewek (yg kecil banget) namanya kimigayo. eeeeee.. baru sore dibeli, tengah malam dia ditemukan mati. sampai sekarang kematiannya masih merupakan misteri soalnya dia kelihatan sehat & mau makan.

taraaa.. dan minggu lalu kami mengadopsi fransiska santoso si kelinci jadijadian itu. fransiska ini kelinci remaja sebaya kimimaki. kami nggak mau beli kelinci bayi lagi karena takut mereka mati seperti kimigayo

dia manis banget. kami lihat dia di dokter hewan pas mau beli makanan kelinci. waktu itu dia sekandang sama kelinci holand loop cowok yang rocker abis. keren deh sayangnya cowok. kan untuk teman kimimaki.. nanti mereka homo.. pas mau beli saya raguragu juga soalnya kayaknya fransiska & si rocker ini pacaran. masak dia dipaksa putus sama cowok rocker yang charming & dipaksa kawin sama kimimaki yang freak & geek & sukanya makan itu?

tapi akirnya kami beli juga demi kimimaki biar nggak sedih lagi. palingan nanti juga fransiska suka. soalnya kimimaki walaupun freak geek suka makan dia baik & setia. pertama ketemu udah saling marahan & kemarin kimimaki digigit jidatnya sampai berdarah. kayaknya dia nggak mau dijodohin sama kimimaki. menurut buku yg kami baca, si fransiska kayak ciriciri kelinci hamil.. o ow.. pas mau dikembalikan untuk bersatu dengan kelinci rocker yang mungkin menghamilinya, ternyata kelinci rocker itu juga sudah dibeli orang

maafkan kami ya, fransiska..
maafkan kami ya, kelinci rocker..

favorit saya kimimaki. menurut saya kimimaki itu salah satu binatang paling pintar. soalnya dia dilepas di rumah tapi kalau mau pipis & eek dia selalu kembali ke kandang.
teman saya yang punya bayi yang datang kerumah sampai mau menukar bayinya sama kimimaki :)) dia tertawa terus & heran kenapa ada kelinci berkeliaran di dalam rumah

kimimaki juga bisa melakukan kepintaran lainnya, yaitu membangunkan saya di pagi hari. caranya dia jilatjilat kaki saya, trus dia lari keluar kamar. saya nggak bangun, dia gebrok gebrok tempat tidur di dekat kepala saya pakai tangannya, trus dia lari keluar kamar. saya nggak juga bangun, dia lompat ke punggung saya, dan pipis

pintar kan dia?
=_______=!


semoga kimimaki selalu sehat :)
cup



notes:
benernya saya mau upload fotofoto mereka tapi ini kok nggak bisa nggak ngerti deh

No comments:

Post a Comment