Wednesday, January 7, 2009

*jarimatika

mama saya mengajari adik saya cara berhitung cepat menggunakan metode jarimatika. memang keren sekali metode tersebut juga orang yang menemukannya. saya saja jadi takjup soalnya menghitung jadi cepat banget seperti pakai kalkulator.

lalu mama saya memberi soalsoal jarimatika untuk adik saya itu, sambil mempraktekkan sendiri mencari jawabannya dengan jarimatika.
adik saya menjawabnya dengan cepat.

“15+9+7+5 sama dengaaan..”
“36!”

“22+4+13-5 sama dengaaan..”
“34!”

“23+5+7-19 sama dengaaan..”
“16!”

dst sampai 20 soal.

mama saya senang banget soalnya jawaban adek saya benar semua dan cepat banget menjawabnya.

mama:
“wah pintar sekali kamu mas sadham menjawabnya cepat sekali”

sadham:
“memang. tapi mah, sebenarnya dari tadi aku melihat jarijari mama & aku tinggal melihat hasilnya dari situ”





*septi peni wulandani

No comments:

Post a Comment